Thursday, October 30, 2014

CARA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN DIRI

Pasti pernah terlintas pada benak Anda sebuah pertanyaan: “Apakah yang menjadi factor penentu seseorang lebih sukses daripada yang lain dalam segala bidang kehidupan?”. Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah terletak pada apa yang disebut dengan citra diri. Citra diri adalah pandangan atau penilaian yang diberikan kepada diri seseorang oleh orang lain. Citra diri inilah yang menjadi penyebab mengapa seorang penjual dapat menjual lebih banyak produk dan memiliki lebih banyak konsumen daripada penjual yang lain, penyebab mengapa seorang pegawai atau pekerja mendapatkan promosi kenaikan jabatan atau pangkat lebih cepat daripada yang lain, penyebab mengapa seseorang lebih disukai dalam pergaulan daripada yang lain, dan sebagainya. Satu-satunya upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan citra diri Anda adalah sebuah upaya yang dikenal dengan sebutan pengembangan diri.
Secara umum, pengembangan diri dapat digolongkan ke dalam tiga aspek utama, yaitu pengembangan diri secara profesional, sosial, dan individual. Pengembangan diri secara profesional artinya upaya meningkatkan citra diri yang berkenaan dengan bidang profesi atau pekerjaan yang sedang atau akan Anda terjuni. Caranya adalah dengan mengasah semua keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan oleh bidang profesi atau pekerjaan Anda. Pengembangan diri secara sosial artinya upaya meningkatkan citra diri yang berkenaan dengan cara Anda bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Caranya adalah dengan mempelajari berbagai jenis karakter atau sifat seseorang, dengan tujuan agar Anda mampu memilih bentuk komunikasi dan pendekatan yang tepat kepada seseorang dengan jenis karakter atau sifat yang dimilikinya. Tidak hanya itu saja, Anda pun harus memperhatikan etika sosial dan budaya yang berlaku pada masyarakat tempat Anda berada, karena etika sosial dan budaya pada suatu masyarakat dapat berbeda bahkan bertolak belakang dengan masyarakat yang lain. Dengan memahami etika sosial dan budaya yang berlaku pada masyarakat setempat, Anda akan mampu menempatkan diri secara pantas di lingkungan masyarakat tempat Anda berada, dan masyarakat pun tidak akan menganggap Anda sebagai seseorang yang perlu untuk dicurigai bahkan dihindari. Pengembangan diri secara individual artinya upaya meningkatkan citra diri yang berkenaan dengan keadaan fisik dan psikis Anda. Keadaan fisik erat kaitannya dengan tampilan tubuh yang enak dipandang mata dan cara berbusana yang sopan dan rapi. Keadaan psikis erat kaitannya dengan cara mengendalikan perasaan atau emosi Anda, cara berperilaku yang baik dan sopan, dan cara bertutur kata yang santun dan menyenangkan. Ke tiga aspek utama pengembangan diri ini harus diupayakan secara simultan dan terus-menerus.
Kunci keberhasilan dalam belajar, bekerja, dan melakukan kegiatan apa pun terletak pada apa yang disebut dengan motivasi. Motivasi adalah hal yang menjadi penyebab mengapa seseorang melakukan sesuatu. Ini berarti bahwa sebelum melakukan sesuatu, Anda harus menemukan terlebih dahulu apa yang menjadi alasan Anda untuk melakukannya. Selanjutnya, jagalah dan tingkatkanlah motivasi yang ada pada diri Anda tersebut. Motivasi yang tinggi akan memperkuat ketekunan dan konsistensi seseorang dalam melakukan sesuatu. Motivasi yang tinggi akan menjadikan setiap masalah, kesulitan, tantangan, dan hambatan menjadi mudah untuk diatasi. Motivasi yang tinggi akan membuat waktu terasa begitu cepat dan menyenangkan untuk dilalui. Tetapi terkadang seseorang mengalami penurunan motivasi, dan bahkan hilangnya motivasi atau demotivasi. Jika penurunan motivasi atau demotivasi ini muncul maka kegagalan hanyalah menunggu waktu saja untuk terjadi. Dengan demikian, jika Anda ingin melihat jalan keberhasilan terhampar dengan jelas dan terang di hadapan Anda, maka menjaga motivasi agar tetap tinggi adalah hal terpenting yang harus dilakukan secara terus-menerus dan tanpa henti. Upaya meningkatkan motivasi pada diri Anda sebenarnya mudah untuk dilakukan dan tidak sesulit seperti yang dibayangkan, jika Anda mengetahui cara melakukannya.

0 comments:

Post a Comment